STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 03 Apr 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

EFFECTIVE LEARNING AT HOME (Stay at Home)

EFFECTIVE LEARNING AT HOME (Stay at Home)

Oleh: Moh. Fadli, M.Pd*

(Dosen Prodi PGMI STAIM Tarate Sumenep)

 

Saat ini dunia dilanda oleh virus corona (covid-19). Pemerintah melakukan program dalam menanggulangi pandemik covid-19 khususnya di Indonesia yaitu salah satu programnya belajar di rumah atau berada di rumah). Tentunya sangat penting didukung dan dilakukan oleh kesadaran diri kita masing-masing. Untuk pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) tersebut. Berdasarkan informasi melalui covid19.co.id di Indonesia sudah mencapai total kasus 1.790 yang diupdate pada tanggal 03 April 2020 pukul 00:32 WIB. Jumlah ini semakin bertambah. Oleh karena itu, kesadaran kita dalam menjaga hidup sehat, jaga jarak maupun stay di rumah.

Surat edaran yang dikeluarkan di tingkat pusat sampai dengan tingkat desa merujuk untuk tetap mengedepankan pentingnya menjaga pola hidup sehat, jaga jarak, dan stay di rumah dalam pencegahan penyebaran virus ini. Dalam hal ini, kita sebagai pendidik diharapkan tetap memantau perkembangan keberlangsungan dalam pembelajaran daring bagi peserta didik. Umumnya perguruan tinggi telah memberikan panduan tentang pembelajaran daring sebagai langkah yang baik untuk pencegahan penyebaran virus corona (covid-19). Namun demikian terjadinya virus ini merupakan hal yang sulit ditolak. Untuk menyiapkan peserta didik agar tetap mendapatkan materi mata kuliah namun jarak jauh atau pembelajaran daring. Persoalan ini merupakan hal yang baru bagi sebagian pendidik maupun peserta didik yang tidak terbiasa dan tidak mengenal konsep pembelajaran daring yang interaktif. Oleh karena itu, sangat penting dalam menyatukan satu persepsi bahwa pembelajaran adalah pada hakikatnya merupakan proses manusia menjadi baik dan lebih baik.

Pertimbangan yang berkaitan dengan kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring yaitu paket data seluler, kapasitas handphone rendah dan kurang sinyal yang kuat. Tidak semua peserta didik mampu membeli handphone kapasitas tinggi dan daerah tertentu yang memiliki sinyal stabil. Hal tersebut perlu dipertimbangkan sebagaimana mestinya untuk memperoleh solusi yang baik dari peserta didik maupun pendidik. Maka dari itu, hal tersebut sangat memerlukan pemikiran yang sangat matang untuk memantapkan proses pembelajaran daring.

Dalam proses pembelajaran daring atau belajar di rumah. Sejujurnya hal yang mendasar dari belajar adalah proses transfer informasi dapat diterima dan diimplementasikan. Keragaman cara belajar setiap individu sudah kita pahami bersama. Namun kaidah belajar di rumah perlu dikonsentrasikan. Aturan belajar di rumah terbentuk manakala individu atau kelompok di rumah menyepakati untuk melaksanakan kewajiban moral mencerdaskan diri. Sedangkan kebutuhan belajar di rumah terkendala oleh aktivitas lainnya, misalnya waktu menonton televisi lebih diprioritaskan. Maknanya belajar di rumah terkesan ‘rebahan’ saja. Oleh karena itu, hal tersebut harus dilakukan atau diagendakan kepada peserta didik untuk menyadarkan bahwa belajar di rumah adalah salah satu konsekuensi bersama untuk tetap optimis dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19).  Aplikasi-aplikasi belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh seperti Google Classroom, Zoom Cloud Meeting, Whatsapp, Email, dan Google Form. Semoga bermanfaat artikel ini untuk pembaca. Amin.

 

*Subag BAU dan Editor Jurnal Terateks

    STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH