STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 30 Jun 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

Mendesain Kampus Masa Depan Dengan Digitalisasi Pendidikan

Mendesain Kampus Masa Depan Dengan Digitalisasi Pendidikan

Oleh: Nurul Huda, BBA., S.E., M.M*

E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com

(Dosen Prodi Ekonomi Syariah STAIM Tarate Sumenep)

 

Kampus masa depan adalah kampus yang merevolusi institusinya dengen segala macam perubahan.  salah satunyanya adalah menerapkan digitalisasi pendidikan baik PTN maupun PTS, dimana kampus memanfaatkan platform digital tersebut dalam proses pembelajaran yang bisa diakses kapan saja, dimana saja tanpa dibatasi oleh rang dan waktu. Lahirnya digitalisasi industri telah  merubah tatanan dunia baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Kampus yang merupakan pusat ilmu pengetahuan dengan berbagai disiplin ilmunya mau tidak mau harus berbenah dan mampu menyesuaikan dengan keadaan sekarang yang serba cepat, tepat dan akurat dalam mengolah sistem informasi manajemennya.

Setiap perubahan teknologi dan informasi yang begitu cepat, pesat dan sudah berjalan sekarang ini para pengelola perguruan tinggi harus mulai memikirkan dan mengantisipasi bagaimana bisa bertahan pada era digitalisasi di zaman milenial ini. Pengelola Perguruan Tinggi harus mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkwalitas, handal dan profesional, tenaga pengajar dan pendidiknya untuk bisa mengikuti digitalisasi pendidikan dan keinginan pasar saat ini yaitu para mahasiswa zaman sekarang agar tidak ketinggalan teknologi karena mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan negeri ini, yang akan membawa perubahan negeri ini ke arah peradaban baru yaitu peradaban era digitalisasi.

Strategi Dosen para pengajar dan pendidik harus benar-benar kreatif, inovatif agar bisa bertahan pada profesinya sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Dunia digital saat ini terus berevolusi sebagaimana hadirnya aplikasi mesin pencari atau search engine yang bisa menyajikan materi pembelajaran dan tutorialnya yang tersedia oleh adanya jaringan big data dan cloud computing. Perilaku mahasiswa di era revolusi 4.0 sudah berbeda jauh 1800 dengan perilaku mahasiswa zaman dulu, mereka lebih senang dan aktif menggunakan gadgetnya daripada membawa buku yang tebal dan berat. Mahasiswa lebih tertantang jika Dosen memberikan tugas yang harus dicari jawabannya melalui akses ke big data dan cloud computing.

Digitalisasi pendidkan telah memicu sistem pendidikan nasional kita, salah  satu contoh yang diterapkan di negara Perancis dengan Flexible Learning, Coursera, e-Learning. Munculnya integrasi antara pendidikan dengan teknologi dapat merevolusi proses kegiatan belajar mengajar. Kecanggihan dan security sebuah aplikasi akan menjadi pangkal dari digitalisasi pendidikan di Indonesia.

Saatnya kampus berbenah bahwa merevolusi institusi  samahalnya menyiapkan pendidikan masa depan Indonesia kearah yang lebih handal dan lulusannya mampu menembus batas dunia dengan segala kemampuan yang dimiliki baik hard skill maupun soft skill, terdepan dalam pengembangan keilmuan, ketaqwaan dan memiliki akhlakul karimah. Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat.

 

* Kepala Pusat Data & Informasi

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

Sumenep, Jum'at 24 Juni 2020

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH