STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 04 Agu 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

MENUMBUHKAN SIKAP KOMUNIKATIF DALAM BERORGANISASI DI ERA GENERATION

MENUMBUHKAN SIKAP KOMUNIKATIF DALAM BERORGANISASI DI ERA GENERATION

Oleh: Moh. Fadli, M.Pd*

(Dosen Prodi PGMI STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep)

Email: mohammadfadli.10@gmail.com

 

Suatu organisasi selalu berusaha untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis baik itu dari pemimpin dengan anggota atau sebaliknya yang dapat menumbuhkan sikap komunikatif dalam berorganisasi yang baik di era generation. Dengan adanya sikap komunikatif yang baik akan membantu kelancaran organisasi, demikian pula sebaliknya komunikasi yang efektif adalah merupakan bagian yang penting bagi semua organisasi. Menurut Rubben (dalam Muhammad. 2001:3) bahwa komunikasi manusia adalah suatu proses melalui individu dengan individu lain dalam hubungannya baik itu dalam kelompok, dalam organisasi dan dalam masyarakat untuk menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain.

Kita menyadari, betapa persoalan-persoalan organisasi makin hari cenderung makin ruwet dan terutama persoalan manusianya itu sendiri yang senantiasa berlanjut menjadi tantangan pokok yang harus dihadapi oleh setiap organisasi. Individu-individu yang berperilaku dalam organisasi dengan segala motif dan keinginan-keinginan yang hendak dicapainya harus dipahami secara luas dan mendalam. Jangan tergesa-gesa membenci sesuatu yang kita tidak mengetahui, dan yang kita tidak bisa melakukan. Belajarlah berendah hati dan pelajari dulu semua persoalan yang dihadapi dalam suatu organisasi. Dalam menggerakkan suatu organisasi yang baik harus memiliki skill atau potensi dan kemampuan yang didasarkan pada aspek-aspek kemanusiannya demikian pula dalam memotivasi baik itu dari individu dengan individu lainnya, agar senantiasa menumbuhkan sikap komunikatif yang baik.

Organisasi mempunyai dua prinsip yaitu harus bertahan (survive) dan berkembang (develop). Dalam organisasi manapun tidak akan mencapai keberhasilan atau tujuan apabila didalamnya tidak terjadi komunikasi yang baik antara pemimpin dan anggotanya maupun sebaliknya. Hubungan yang harmonis diantara para anggota disebabkan oleh komunikasi timbal balik yang baik sehingga menumbuhkan sikap komunikatif yang baik pula. Komunikasi berperan dalam menjaga kebutuhan manusia, karena komunikasi dibangun sebagai sebuah mekanisme penyesuaian diri untuk manusia, mengatasi atau menghindari konflik, membantu mengembangkan potensi setiap pemimpin atau anggota organisasi, membentuk suasana kerja yang kondusif dan professional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. Amin Amin yarobbal Alamin…

 

*Subag BAU, PUSDATIN dan Editor Jurnal Terateks

    STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH