STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 05 Jul 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

PELUANG DAN TANTANGAN LEARNING ZONE DI TENGAH PANDEMI COVID 19

PELUANG DAN TANTANGAN LEARNING ZONE DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Oleh : Tamimah, S.EI., M.SEI

(Dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep)

E-mail : miming151297@gmail.com

 

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan COVID 19 sebagai pandemi global yang menyebar hingga 118 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kondisi demikian menuntut pemerintah melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) didaerah yang sudah termasuk dalam zona merah penyebaran virus, physical quarantine, work from home, dan belajar dari rumah. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan untuk memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, kendatipun mahasiswa berada di rumah.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah mulai pertengahan Maret 2020. Hal ini menjadi hal yang menarik dikaji mengingat sistem pembelajaran daring ini pertama kali dilakukan oleh seluruh lembaga pendidikan secara serentak. Kondisi saat ini merupakan proses transformasi, dimana sebelumnya berada pada posisi comfort zone (zona nyaman) dan kemudian beralih pada learning zone yaitu peralihan dalam bentuk digital, yang tentunya juga merubah stategi baru dan mampu sampai pada tahap growth zone sehingga dosen dituntut mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan media daring (jarak jauh) yang mengharuskan dosen dan mahasiswa mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Namun hal ini dapat meningkatkan kemampuan dibidang terknologi dan mempercepat peralihan pada era 5.0 nantinya.

Adanya model pembelajaran daring memiliki beberapa tantangan yang dihadapi oleh dosen maupun mahasiswa yang dilansir oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2020, menyatakan bahwa pembelajaran di masa pandemi covid 19 memiliki hambatan akan terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana seperti akses internet, jaringan, dan kuota terbatas yang disebabkan adanya ketimpangan tekhnologi antara lembaga pendidikan di kota besar dan daerah pedesaan dan menyebabkan pembelajaran yang di lakukan tidak efisien.

Proses pembelajaran secara daring menciptakan pemikiran yang lebih terbuka dan menuntut menggunakan sistem pembelajaran yang efektif dan interaktif dan materi yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik, sejauh ini pembelajaran secara online hanya berupa konsep, namun belum dijadikan sebagai paradigma pembelajaran, karena pembelajaran secara daring mengubah mindset mahasiswa dalam berpikir bahwa akan merasa terbebani dengan tugas yang menumpuk, sementara itu sistem pembelajaran tersebut dapat di manfaatkan untuk menggali wawasan sebanyak-banyaknya melalui ketersediaan akses tekhnologi  dan gadget yang dimiliki.

 

Informasi Kampus : 

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

 

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH