STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 09 Mar 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

RAK DASI (Rindu Akan Kekompakan Dalam Dunia Organisasi)

RAK DASI  (Rindu Akan Kekompakan Dalam Dunia Organisasi)

Oleh: Moh. Fadli, M.Pd*

(Dosen Prodi PGMI STAIM Tarate Sumenep)

 

Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berpengaruh sekali terhadap suatu organisasi dalam kelangsungan hidup suatu organisasi. Dalam memenuhi suatu visi misi yang dimuat atau yang terbingkai dalam suatu organisasi, dapat digunakan secara efektif sesuai kebutuhan suatu organisasi dengan melalui kekompakan yang dapat dijadikan pedoman untuk mempermudah suatu jalan menuju kesuksesan bersama. Pertumbuhan suatu organisasi yang berkembang dengan kualitas, bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilalui. Namun sering kali harus menghadapi berbagai jenis hambatan atau rintangan yang perlu dilalui. Maka dari itu, dari berbagai jenis hambatan atau rintangan yang melintang harus diselesaikan atau mencari solusinya bersama-sama (kompak). Agar hambatan atau rintangan yang menghalangi dapat terpecahkan.

Kekompakan merupakan suatu kerjasama yang dilakukan seseorang dengan orang lain (kelompok) yang menciptakan dalam bersatu padu untuk menghadapi suatu pekerjaan yang rumit atau berat untuk dikerjakan, saling bertukar fikiran, memberikan pendapat yang membangun dan saling memotivasi. Dalam suatu organisasi yang mendasarkan pada kekompakan akan memberikan dampak positif terhadap suatu organisasi yang telah dirintis bersama-sama. Oleh karena itu, kekompakan sangat penting dalam dunia suatu organisasi. Namun tidak secara individu, karena kekuatan individu akan kalah dengan kekuatan kelompok (kekompakan). Seperti halnya, penulis memberikan contoh pada hewan yaitu semut yang menemukan makanan. Semut (individu) memberikan informasi kepada semut lainnya (kelompok) bahwasanya di tempat tersebut banyak sisa makanan yang dibuang oleh manusia. Semut (individu) dan semut (kelompok) langsung menuju ke tempat tersebut dengan bersama-sama (kompak). Kemudian karena besar sisa makanan yang ditemukan, semutpun bersama-sama membawa sisa makanan tersebut menuju ke lubang semut (rumah para semut). Disitulah dapat dipetik suatu hikmah dan tercipta yang namanya kekompakan. Karena kekompakan, dari pekerjaan yang rumit atau berat akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama (kompak). Sehingga antusias terhadap pekerjaan atau tugas yang dikerjakan atau diselesaikan dapat tercapai sesuai dengan tujuan suatu organisasi.

Momen seperti inilah, jangan sampai tergerus oleh jarak dan waktu. Karena momen seperti kekompakan ini sangatlah dan sangat penting dalam suatu organisasi. Maka dari itu, dengan adanya suatu organisasi yang solid dan kompak akan menimbulkan dan menumbuhkan suasana kerja yang nyaman, merasa bertanggung jawab, adanya rasa kekeluargaan yang tinggi antar anggota suatu organisasi dan dapat terciptanya suasana yang harmonis dalam suatu organisasi.

 

Subag BAU dan Editor Jurnal Terateks
    STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

 

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH