STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 06 Apr 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

Indahnya Berbagi

Indahnya Berbagi

Oleh: Moh. Fadli, M.Pd*

(Dosen Prodi PGMI STAIM Tarate Sumenep)

 

Manusia merupakan makhluk sosial dan makhluk ciptaan Allah SWT yang dibekali dengan akal dan pikiran. Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang memiliki derajat paling tinggi di antara ciptaannya yang lain. Hal yang paling mendasar dalam membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah manusia dilengkapi dengan akal, pikiran, sifat, perasaan dan manusia membutuhkan manusia lainnya untuk saling tolong menolong atau berbagi sesama manusia. Oleh karena itu, manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan berbekal akal, pikiran dan sifat. Maka manusia tidak boleh terlepas dalam hal yaitu saling tolong menolong atau berbagi sesama.

Berbagi tidaklah harus mewah, besar atau kecil, maupun menunggu kaya untuk berbagi. Berbagi dengan sesama ibaratkan seperti cermin, ketika kita bercermin maka memantulkan wajah kita atau fisik kita. Maka dari itu, berbagi dengan sesama akan kembali kepada yang melakukannya. Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun juga akan menggantinya dengan yang lebih baik. Penulis menegaskan sesuai dengan sabda Rasullullah dalam HR Tirmidzi: Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan (berbagi), kecuali justru ia bertambah dan bertambah.

Berdasarkan hadis tersebut, dapat kita meresapi, menelaah bahwa semua yang kita bagi kepada sesama akan kembali kepada diri kita masing-masing. Indahnya berbagi yang sangat luar biasa adalah memberikan sebagian apa yang kita punya untuk meringankan beban sesama. Dari manusia yang menengah ke atas membantu manusia yang menengah ke bawah. Istilah dalam bisnis MLM “Manusia membantu Manusia”. Hal tersebut tidaklah terlepas dari yang namanya saling membantu satu sama lainnya. Oleh karena itu, semakin sering kita membantu (berbagi) kepada sesama, maka insyallah makin sering pula bantuan dari Allah SWT mengalir kepada kita walaupun dengan melalui perantara atau tidak secara langsung kepada diri kita.

Semoga kita dapat termotivasi dan menggerakkan hati kita untuk saling membantu (berbagi) sesama manusia. Agar keajaiban Ilahi senantiasa hadir dalam kehidupan kita. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu berbagi dengan sesama. Amin amin yarobbal Alamin… Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin Amin yarobbal Alamin…

 

*Subag BAU dan Editor Jurnal Terateks

    STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH