STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 08 Mar 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

Memancing Rizki Bukan Memburu Rizki

Memancing Rizki Bukan Memburu Rizki

Oleh: Dedi Eko Riyadi HS, M.Pd.I*

(Dosen Prodi PGMI STAIM Tarate Sumenep)

 

Manusia hidup di dunia tentunya telah disediakan dengan rizkinya oleh Allah sebagai menjalani hidup di dunia. Allah sangat kuasa dan sangat kaya raya sehingga tidak hanya manusia yang ditanggtung rizkinya oleh Allah, bahkan semua mkhluk juga ditanggung rizkinya.

          Namun manusia pada kenyatannya, manusia memiliki pandangan yang berbeda dalam menyikapi rizki ini. Ada diantara kita sebagai manusia banting tulang tidak kenal waktu untuk mencari dan memburu rizki. Mereka inilah yang mempunyai prinsip bahwa rizki itu diburu. Ada sebagian orang yang tidak terlalu keras dalam usaha mendapatkan rizki, dan orang ini mempunyai prinsip bahwa rizki itu tidak perlu diburu akan tetapi di pancing. Dari fenomena inilah kemudian dapat dipahami bahwa manusia dalam mendapatkan rizki ada dua prinsip atau pandangan. Yakni mereka yang mempunyai pandangan bahwa rizki itu di cari dengan keras dan ada orang yang mempunyai prinsip bahwa rizki itu di pancing bukan diburu.

          Dari dua pandangan yang berbeda ini, marilah kita sedikit merenung dan membaca fenomena kenyataa diantara orang orang orang yang memburu rizki dan memancing rizki sehingga kita nantinya dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk dijadikan pedoman bagi kita dalam mendapatkan rizki.

          Tentang rizki ini Allah telah menyinggung dalam kitab sucinya yang artinya “Baraang siapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menjadikan jalan keluar baginya dan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka”. Dari ayat ini dapat kita fahami bahwa (1) yang memberi rizki dan membagikannya kepada manusia adalah Allah. Dari ini sudah jelas bahwa manusia tidak punya kuasa sedikitpun untuk mendatangkan rizki. (2) menunjukkan bahwa hanya orang orang yang bertakwa yang dapat jaminan pertolongan Allah dengan diberikannya jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi dan hanya orang orang yang bertakwa kepada Allah yang dijamin rizkinya. Sangat jelas pemahaman ini bahwa takwa merupakan kata kunci dimana rizki itu mengalir pada kita, bukan kerja keras kita, bukan karena jabatan kita, bukan karena status social kita, bukan karena keturunan siapa kita, bukan karena pintarnya kita, bukan karena tingginya pendidikan kita namun jelas rizki itu hinggap karena takwanya kita. (3) Allah memberi rizki kepada kita dengan tanpa disangka atau tanpa diduga duga. Artinya secerdas apapun konsep kita dalam mendatangkan rizki, itu bukan ukuran rizki akan datang dengan lancar bagi kita. Karena rizki akan datang dari Allah dengan tanpa disangka sangka.

          Diantara keteragan lain mengatakan, sebagaimana dalam hadis Nabi “Dengan kita banyak silaturrahim maka rizki akan mudah hinggap pada kita”. Rizki itu akan mengalir deras pada kita apabila kita menjadi orang dermawan dan suka memberi. Bahkan Allah akan melipatgandakan rizki kita apabila kita dengan ihklas selalu berbagi kepada orang lain.

          Betapa banyak orang yang hidupnya banting tulang siang hari siang malam bekerja tanpa kenal lelah, mereka bahkan tidak menuai hasil yang memuaskan bahkan mereka semakin tidak puas dan selalu kurang. Dan terdapat juga orang yang hidupnya selalu penuh kecukupan dengan tanpa banting tulang.

          Dari ini maka hakekatnya rizki itu bukan diburu tapi dipancing. Adapun pancingnya rizki adalah (1) bertakwa, (2) dermawan atau selalu berbagi, (3) silaturrahim.

Wallahua’lam

Kepala LPM

STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

     Sumenep : Ahad, 08 Maret 2020

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH