STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Seputar Kampus 16 Des 2021
By PUSDATIN

PEMBEKALAN KUKERTA TEMATIK TAHUN AKADEMIK 2021-2022

PEMBEKALAN KUKERTA TEMATIK TAHUN AKADEMIK 2021-2022

(Sumbe Foto : NH/PUSDATIN)

 

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Terate, Pandian, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta Tematik) Tahun Akademik 2021/2022, Rabu (15/12/2021).

KUKERTA Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa STAI Miftahul  Ulum Tarate Pandian Sumenep di ikuti tiga Program Studi: HKI, PGMI dan Ekonomi Syariah dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Kabupaen Sumenep Madura. Pelaksanaan kegiatan KUKERTA  (Kuliah Kerja Nyata) Tematik berlangsung satu  bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hadir pada kegiatan tersebut, pengasuh PP. Al-Usymuni Drs, KH. Abdullah Cholil. M.Hum, Ketua STAIM, K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I, M.HI, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STAIM, Dr. Mukhlisi, M.Pd.I, jajaran Civitas Akademik, sejumlah dosen, dan para peserta Kukerta tahun 2022. Ketua Pelaksana sekaligus LP2M STAIM Tarate Sumenep, Dr. Mukhlisi mengatakan, pembekalan tersebut digelar sebagai persiapan pelaksanaan tugas pengabdian mahasiswa/i yang akan berlangsung pada tanggal 05 Januari 2022 nanti. "Kukerta akan dilaksanakan selama satu bulan pada tanggal 5 Januari sampai pada tanggal 5 Februari mendatang," kata Dr. Mukhlishi, Rabu (15/1/2/20201) siang. 

Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Tarate Pandian Sumenep, menggelar pembekalan bagi peserta Kukerta pada Rabu 15 Desember  2021, dengan jumlah peserta 50 mahasiswa yang tersebar di 5 Desa, yakni Aeng Mera, Batuputih Kenek, Larangan Barma, Sergeng dan Larangan Kerta, acara pembekalan ini digelar di Ruang 2.1, pembekalan ini dibuka langsung oleh ketua STAIM Tarate Sumenep K. Ubaidillah Cholil, M. Pd., M.H.I., bahwa Kukerta tahun ini harus lebih progresif lagi dari pelaksanaan tahun sebelumnya karena lebih ke Tematik sesuai dengan permitaan Bapak Camat Batuputih dan berharap mahasiswa/i  bisa dan mampu  menyelesaikan masalah di masing-masing desa yang ditempati. Sehingga keberadaannya bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

Sementra pengasuh PP. Al Usymuni sekaligus pendiri STAIM Tarate Sumenep, menyampaikan taushiyah dan memberikan motivasi bagi peserta Kukerta (Kuliah Kerja Nyata), harus menjaga nama baik almamater sehingga ada pembeda mahasiswa/i di bawah pesantren harus lebih mengedepankan Akhlakul Karimah dalam setiap kegiatan. Sementara kepala L2PM STAIM Tarate Sumenep, sekaligus ketua panitia menyampaikan agar pelaksanaan Kukerta lebih inovatif dari tahun-tahun sebelumnya karena Kukerta tahun ini adalah Kukerta Tematik. Kepala LP2M (Dr. Mukhlishi) berhapap  seabaiknya semua program Kukerta dilakukan dan dikonsultasikan kepada pihak desa dan masyarakat. Agar hasilnya maksimal dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Kukerta Tematik Tahun ini menghadirkan dua dosen tetap yang produktif sebagi narasumber diantaranya Bapak Nurul Huda, BBA., S.E., M.M dan Bapak Eko Riyadi HS, M.Pd. untuk memberikan informasi seputar konsep Kukerta Tematik dan inovasi desa berbasis Informasi Teknologi (15/12/2021).

Kukerta tersebut akan dikuti 50 peserta dari 3 Program Studi, yakniHKI, PGMI dan Ekonomi Syariah. Jumlah itu dibagi jadi 5 kelompok atau 5 desa di Kecamatan Batuputih, meliputi Desa Aeng Mera, Batuputih Kenek, Larangan Barma, Sergeng dan Larangan Kerta. "Pelepasan peserta Kukerta akan diserahkan di Kantor Kecamatan Batuputih 5 Januari 2022 mendatang," imbuh Dr. Mukhlishi.

Sementara Ketua STAIM Sumenep, K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I menyampaikan bahwa Kukerta adalah salah satu kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat mahasiswa/i di meja kuliah kepada masyarakat. "Dan ini bukan perjalanan akhir, tapi awal masuk pintu dan perjalanan panjang untuk menjadi bagian dari masyarakat," ungkap Kiai Ubed, panggilan akrab Ketua STAIM Tarate Sumenep. Menurutnya, kuliah yang baik adalah kuliah yang tepat waktu. Artinya, semua mahasiswa yang seharusnya mengikuti Kukerta tahun ini jangan sampai ada yang menunda-nunda ke tahun depan lagi. "Saya berharap para mahasiswa bisa menjaga etika, berakhlakul karimah, dan menjaga nama baik almamater STAIM Taratae Sumenep selama mengikuti Kukerta," pesan K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I. Semoga Pembekalan KUKERTA Tahun Akademik 2021/2022 yang dibuka oleh ketua STAIM Tarate Pandian Sumenep K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I dapat memberikan manfaat dan barokah. Aamiin. (Nurul Huda/PUSDATIN)

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN