STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Umum 11 Apr 2022
By PUSDATIN

PIDATO SAMBUTAN KETUA STAIM TARATE SUMENEP DI ACARA WISUDA V TA 2021-2022

PIDATO SAMBUTAN KETUA STAIM TARATE SUMENEP DI ACARA WISUDA V  TA 2021-2022

K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I (Ketua STAIM Sumenep)

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bismillah, alhamdulillah wassholatuwassalamu’ala rosulillah wa’alaa alihi wasahbihi mawan walah, amma ba’du.

Yang kami hormati,

Pimpinan dan anggota Dewan Penasehat  STAIM Tarate Pandian Sumenep;

Pimpinan Pengasuh PP. Al-Usymuni Tarate Pandian Sumenep;

Para tamu kehormatan STAIM Tarate Pandian Sumenep:

  • Bapak Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D. (Ketua Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya) atau yang mewakili,
  • Bapak Achmad Fauzi, S.H., M.H. (Bupati Kabupaten Sumenep) atau yang mewakili,
  • Para Pimpinan Pemerintah Kabupaten, serta Pimpinan Lembaga dan Institusi mitra STAIM Tarate Pandian Sumenep,
  • Rekan-rekan wartawan, baik media cetak maupun elektronik;

Para Pengelola STAIM Tarate Pandian Sumenep

Rekan-rekan Dosen dan Tenaga Kependidikan;

Para Orang Tua, Orang Tua Asuh, Donatur, dan Pemberi Beasiswa;

Para Wisudawan Sarjana yang berbahagia;

Serta hadirin sekalian yang saya muliakan.

 

Pertama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita ke-hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta alam yang tak henti-hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatNya sehingga kita semua dapat berkumpul di ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat dalam rangka melaksanakan satu kegiatan yang sangat penting bagi keluarga besar STAIM Tarate Pandian Sumenep, yaitu Wisuda Ke-V Sekolah Tinggi Agam Islam Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2021/2022 Periode Maret 2021 dalam keadaan sehat, berbahagia, dan penuh optimisme menyambut masa depan yang gemilang.

Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak. Aamiin...

Sebuah kehormatan bagi saya dapat memberikan sambutan hangat kepada para hadirin, khususnya kepada para orang tua yang akan turut menyaksikan prosesi wisuda ananda tercinta. Segala persiapan untuk momen spesial, seremoni wisuda ke-V ini telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Wisuda kita kali ini mengambil tema “Mewujudkan SDM Unggul, berkarakter dan berwawasan Nusantara”. Wisuda adalah agenda paling penting bagi mahasiwa karena merupakan momen pengukuhan kelulusan setelah memenuhi syarat kelulusan serta telah menempuh studi selama jangka waktu tertentu. Perlu kami laporkan kepada hadirin semua, secara keseluruhan mahasiswa STAIM Tarate Pandian Sumenep di tiga Program Studi: HKI, PGMI dan Ekonomi Syariah yang  mengukuti acara wisuda pada hari ini berjumlah 59 mahasiswa dengan rincian masing-masing program studi sebagai berikut:

  1. Hukum Keluarga Islam (HKI) :  35 Mahasiswa
  2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) :  13 Mahasiswa
  3. Ekonommi Syariah (ES)   : 11 Mahasiswa

Pada kesempatan ini, izinkan kami mengatasnamakan keluarga besar STAIM Tarate Sumenep mengucapkan selamat, sukses dan barokah kepada seluruh peserta wisudahwan/wisduwati yang telah menyelesaikan studi dengan baik. Kami berharap pengukuhan Saudara/Saudari menjadi bekal untuk memperluas manfaat ilmu dengan nilai-nilai yang Islami.

Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada para dosen yang telah membimbing, mengarahkan dan mendidik mahasiswa, dengan seluruh ilmu pengetahuan, pengalaman, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai keislaman sehingga bisa menjadi bekal bagi mahasiswa kita. Sekaligus kami selaku pimpinan mewakili seluruh dosen dan pengelola memohon maaf apabila dalam interaksi dan kegiatan perkuliahan ada kesalahan-kesalahan.. Saya harapkan para alumni untuk menjadi ilmuan intelektual, unggul, berkarakter serta tidak meninggalkan wawasan kebangsaan. Silahkan bagi yang ingin melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tingga, karena sekarang ini banyak program beasiswa yang dapat diakses baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Kepada orangtua, orangtua asuh, donatur, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena atas dukungan bapak dan ibu, para mahasiswa dapat fokus menjalani studi, sehingga pada pagi yang cerah ini mereka dapat diwisuda dan siap melanjutkan petualangan kehidupan untuk meraih masa depan yang dicita-citakan.

Para Wisudawan, Orang tua, Wali serta Hadirin yang berbahagia,

Penyelenggaraan Wisuda pada pagi yang berbahagia ini merupakan sebuah seremonial yang menandai perubahan status Adik-Adik. Hari ini, kecuali yang akan melanjutkan ke strata S-2, adik-adik tidak lagi menyandang status mahasiswa. Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab yang Adik-Adik pikul.Ketika menjadi mahasiswa, Adik-Adik memikul tanggung jawab akademik yang dominan. Mulai hari ini, tanggung jawab sosial yang dipikul akan semakin berat.

Dunia saat ini sudah berubah, tantangan di era society 5.0 membuka ruang pada kita untuk lebih kreatif namun demikian kita semua diharapkan mampu memanfaatkan situasi ini untuk meningkatkan produktivitas. Dalam bidang pendidikan, peningkatan mutu terus dapat dilakukan. Acara webinar di berbagai perguruan tinggi saat ini telah menjadi menu sehari-hari, maka cara dan peluang untuk memperoleh ilmu pengetahuan semakin terbuka lebar. Video tutorial dengan beragam jenis keperluan telah banyak diproduksi. Adapun kita juga telah beradaptasi dengan cepat sehingga perkuliahan tetap bisa kita laksanakan dengan maksimal dengan memanfaatkan berbagai Platform digital. Ini menunjukkan bentuk integritas bahwa kita bisa berinovasi sebagai kampus adaptif.

Para Wisudawan, Orang tua, Wali serta Hadirin yang berbahagia,

Saat ini, pengetahuan dalam berbagai bidang dapat dengan mudah diakses melalui suatu channel, bahkan pencari informasi dapat menyimak dan mempelajari berulang-ulang materi yang disampaikan. Sudah selayaknya waktu yang ada dapat kita manfaatkan sebaik mungkin. Sebagai insan yang telah dibekali dengan nilai-nilai keilmuan yang sesuai dengan prodi masing-masing, para wisudawan hendaknya mampu belajar berkreasi melakukan kerja apapun dengan melibatkan orang di sekitar untuk menghasilkan produk yang inovatif dan mempromosikannya kepada pihak lain. Maka, pada akhirnya semakin banyak yang dapat merasakan manfaat atas kehadiran seorang yang berintegritas dan berwawasan luas. Aktivitas semacam ini sangat diperlukan untuk “Mewujudkan SDM Unggul, berkarakter dan berwawasan Nusantara menuju masyarakat yang maju serta untuk memutar roda perekonomian agar semakin melaju, meski di masa sulit saat ini. Pembangunan Sumber Daya Manusia adalah kunci kemajuan Indonesia di masa depan. SDM unggul memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya.

Pertanyaan mendasar yang muncul adalah jika ada tuntutan membangun SDM unggul Indonesia, maka itu mencerminkan bahwa kondisi SDM Indonesia saat ini boleh dikatakan – dalam tanda petik – “belum unggul”. Oleh sebab itu, pemerintah menempatkan hal tersebut sebagai prioritas utama.

Pendidikan diyakini sebagai salah satu bidang yang memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan suatu bangsa. Bahkan menjadi faktor dominan di dalam proses peningkatan kecerdasan bangsa. Betapa penting dan strategis peranan pendidikan di dalam pembangunan bangsa, hal tersebut telah diakuai sejak dirumuskannya UUD 1945. Tanpa bangsa yang cerdas tidak mungkin bangsa itu ikut serta dalam percaturan global.

Para Wisudawan, Orangtua, Wali serta Hadirin yang berbahagia,

Dalam Mewujudkan SDM Unggul, berkarakter dan berwawasan Nusantara, perguruan tinggi tampil di garda terdepan. Perguruan tinggi adalah institusi yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif, inovatif, berkarakter berwawasan nusantara yang mampu bersaing di tingkat global.

Adik-Adik saat ini telah menjadi bagian dari kalangan sarjana sesuai dengan program studi masing-masing, (Hukum, Pendidikan dan Ekonomi) .Pengertian sarjana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, selain merupakan gelar strata satu yang dicapai oleh seseorang yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir di perguruan tinggi, juga diartikan sebagai orang pandai (ahli dibidang ilmu pengetahuan).

Para Wisudawan, Orang tua, Wali serta Hadirin yang berbahagia,

Teruslah belajar, Teruslah Berkarya dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun. Belajar tidak identik dengan sekolah, dari kehidupan nyata pun kita bisa belajar.Teruslah berkarya,Kita sebagai manusia sudah dianugrahi keunggulan dan potensi yang luar biasa, berkaryalah dengan potensi dan keunggulan yang kita miliki. Sekecil apapun karya kita, lebih baik daripada hanya sekedar diam tak bergerak dengan potensi kita. Jadilah pribadi yang berintegritas yang mampu menebar manfaat untuk orang banyak, karna sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Apapun profesinya teruslah bergerak dalam kebaikan dimanapun dan di lingkungan manapun.

Para Wisudawan, Orang tua, Wali serta Hadirin yang berbahagia,

Saya berpesan agar tetap produktif. Dharma Bakti Saudara telah ditunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara, “Jangan pernah berhenti belajar, berhenti berkarya karena kehidupan tak pernah berhenti memberi pelajaran". Perguruan tinggi kehidupan itu sesungguhnya adalah tantangan yang harus Saudara sikapi dengan penuh kearifan. Perguruan tinggi kehidupan itulah yang akan menguji Saudara sejauh mana Saudara memiliki integritas, sejauh mana keilmuan Saudara bermanfaat, sejauh mana diri Saudara memberi nilai kepada masyarakat. Pesan saya :

Hadirlah sebagai sosok yg cerdas, tegas dan berintegritas”

Hadirin yang saya hormati, demikian sambuatan saya. Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thoriq.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ahad, 27 Maret 2022

 

Informasi Kampus : 

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

 

AGENDA KEGIATAN