STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Artikel Terkini 19 Mar 2020
By MEDIA CENTER STAIM TARATE

WASPADA VIRUS COVID - 19

WASPADA VIRUS COVID - 19

Oleh : Haris Suaidy, M.Pd

(Dosen Prodi PGMI STAIM Tarate Sumenep)

 

Tema kali ini yaitu mengenai wabah yang saat ini sedang ramai-ramainya yaitu virus corona yang mana virus ini membuat gaduh di antara manusia di seluruh dunia dan virus ini menyebar dengan cepat dan aneh sampai sebagian orang merasakan takut yang berlebihan. Kita orang muslim harus berbeda dengan yang lain karena orang muslim mempunyai keyakinan kemudian segala sesuatu yang menimpa orang  muslim dari rasa sakit, capek, sedih dan khawatir sampai rasa sakit gara-gara tertusuk oleh duri, melainkan itu akan menjadi pelebur dar dosa – dosanya (Abu Al-Hasan). Hendaknya seorang muslim jika akan keluar rumah membaca doa berikut yaitu doa pelindung Rasulullah dari segala kemudaratan, penyakit dan  kerugian “Bismillhiladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syaiun Fillardhi Wala Fissamai Wahuwassami’ul Alim” artinya Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Seorang muslim apabila selalu berdzikir pagi dan sore maka tidak akan takut dengan virus ini karena kepercayaannya kepada Allah dan selalu tawakkal kepadanya. Siapa yang keluar rumahnya membaca “ Bismillahi Tawakkaltu Alallah, Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah” artinya Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepadanya (Allah). Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah. Yang apabila seseorang keluar dari rumah kemudian membaca doa di atas maka disampaikan kepadanya: “Kamu diberi petunjuk, Kamu dicukupi kebutuhannya dan Kamu dilindungi”. “Bagaimana mungkin syetan bisa menggangu orang yang sudah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi”. (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan al – albani).

Kamu akan dijaga dan dicukupi maka seorang muslim itu seharusnya tidak takut dengan penyakit ini, tapi dia juga harus  berusaha agar terhindar dari penyakit sebagaimana sabda nabi “ Dan janganlah membawa onta yang sedang sakit  kepada onta yang sehat (HR. Al-Bukhari), agar yang lainnya tidak ikut tertular oleh penyakitnya tapi kita tetap tidak boleh takut berlebihan. Dimana Tawakkal kita kepada Allah? Dimana rasa percaya kepada Allah? Kalau begitu ada apa kita masih takut? Hiduplah seperti biasa, dan tidak banyak bercampur manusia khususnya tempat dimana manusia banyak berkumpul atau tempat keramaian.tidak bertemu dengan orang yang terkena positif virus corona, ini merupakan usaha yang tepat dan ini merujuk pada dalil yang telah dijelaskan tadi, kita tidak ada masalah dengan ini tapi tidak keluar rumah dan jangan sampai tidak shalat berjamaah di masjid gara – gara virus ini, jangan sampai ini terjadi. Seharusnya manusia dalam keadaan seperti ini mereka semangat shalat di masjid lari menuju Allah.

Selain penjelasan diatas ada beberapa usaha yang perlu dilakukan juga  agar terhindar dari virus corona, cara berikut juga perlu dilakukan: Menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, Sering - seringlah cuci tangan denagn air mengalir dan sabun air selama 20 detik terutama setelah berada di tempat umum atau gunakan pembersih tangan (Antis, Dettol), Hindari menyentuh bagian wajah Anda yang tidak dicuci, Hindari kontak dengan orang yang sakit yaitu bersentuhan/bersalaman, Tetap berada di rumah ketika sakit, Tutup mulut dan hidung ketika bersin, Kenakan masker apabila sakit, Membersihkan tempat atau benda yang sering disentuh setiap hari seperti gagang pintu/meja. Penulis berharap semoga Allah menjaga kita semua, anak-anak kita dan kedua orang tua kita semua dari segala penyakit dan keburukan. Aamiin.

 

 

INFORMASI KAMPUS :

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

                                                                          

 

 

 

 

 

 

 

 

AGENDA KEGIATAN

AGENDA

LAUNCHING RUMAH JURNAL DAN WORKSH