STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Inovasi Menembus Batas Dunia - Menuju Institut Terkemuka di Madura

Umum 28 Mar 2022
By PUSDATIN

WISUDA KE V STAIM TARATE SUMENEP TA 2021-2022

WISUDA KE V STAIM TARATE SUMENEP  TA 2021-2022

Foto : Prosesi Wisuda V  S1 (Dok.SATAIM Tarate Sumenep)

 

Prosesi Wisuda V Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2021/2022 yang  dilaksanakan di Gedung Islamic Senter Bindara Saod Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep pada Ahad, 27 Maret 2022, dapat diselenggarakan dengan baik, penuh khidmat dan semarak.  Adapun peserta wisuda yang ikut bergabung dalam sidang senat terbuka luar biasa kali ini sebanyak 59 wisudawan di masing-masing program studi sebagai berikut:

  1. Hukum Keluarga Islam (HKI)  35 Mahasiswa, wisudawan terbaik diraih oleh Risqi Fajrina dengan IPK 3,38 Putri dari Bapak Kumalik (Almarhum) dan Ibu Romlah. Alamat: Gapura Barat Kec. Gapura Kab. Sumenep. Judul Skripsi: Analisis Yuridis Normatif terhadap Pemberian Izin Poligami (Studi Putusan Pengadilan Agama Sumenep No. 1030/Pdt.G/2020/PA.Smp)
  2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 13 Mahasiswa, wisudawan terbaik diraih oleh Lailatul Wahidah denagan IPK 3,60  Putri dari Bapak Moch. Agusman SL dan Ibu Mujiati. Alamat: Soddara Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. Judul Skripsi: Peningkatan hasil belajar IPA melalui model Quantum Teaching siswa Kelas IV SDN Talang III Kec. Saronggi Kab. Sumenep
  3. Ekonommi Syariah (ES) 11 Mahasiswa, wisudawan terbaik diraih oleh Wisriyani  dengan IPK 3,57 Putri dari Bapak Awi dan Ibu Rummi. Alamat: Desa Gedang-Gedang Kec. Batuputih Kab. Sumenep. Judul Skripsi: Implementasi Pengembangan Ekonomi Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Al Usymuni Tarate Pandian Sumenep)

Wisuda ini juga dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Usymuni Tarate Sumenep Drs. KH. Abdullah Cholil, M.Hum, Ketua Yas’ada (Yayasan Abdullah Dewi Hasanah) K. Ahmad Robeth Al-Faroh, S.H., M.H, Senat Kehormatan Guru Besar Prof. Dr. H. M. Asy'ari, M.Ag, Ketua STAIM Tarate Sumenep K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I, Wakil Ketua I Bidang Akademik Rusly, M.Pd., Wakil Ketua II, Achmad Junaidi, S.H.I., M.H, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, K. Hisbullah Huda, S.H.I, Kaprodi HKI Nurul Alimi Sirrullah, S.H.I., M.H, Kaprodi PGMI, Dedi Eko Riyadi Hs, M.Pd,I, Kaprodi Ekonomi Syariah Nurul Huda, BBA., S.E., M.M, Ketua Asosiasi Dosen Tetap STAIM Tarate Sumenep Dr. (Can) Dainori, M.H.I,  segenap Dosen, semua mahasiswa mahasiswi peserta Wisuda V Tahuk Akademik 2021/2022 dan tim PSM (Paduan Suara Mahasiswa)  Chebbing STAIM Tarate Sumenep, dalam sambutanya ketua STAIM Tarate Sumenep menyampaikan prosesi wisuda merupakan sahnya mahasiswa menjadi seorang sarjana. Dan dengan begitu, fungsi sebagai mahasiswa sudah selesai dan tahapan dalam memperoleh ilmu di tingkat yang lebih tinggi sudah selesai. Kemudian, menjadi alumni yang harus mampu menerapkan ilmunya kepada masyarakat dan tetap menjaga nama baik alamaternya.

Ketua STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep, K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I., M.H.I dalam sambutannya juga beliau berpesan kepada seluruh peserta wisudawan dan wisudawati. “Teruslah belajar, Teruslah Berkarya dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun. Belajar tidak identik dengan sekolah, dari kehidupan nyata pun kita bisa belajar. Teruslah berkarya, Kita sebagai manusia sudah dianugrahi keunggulan dan potensi yang luar biasa, berkaryalah dengan potensi dan keunggulan yang kita miliki. Sekecil apapun karya kita, lebih baik daripada hanya sekedar diam tak bergerak dengan potensi kita. Jadilah pribadi yang berintegritas yang mampu menebar manfaat untuk orang banyak, karna sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Apapun profesinya teruslah bergerak dalam kebaikan dimanapun dan di lingkungan manapun. Ketua STAIM Tarate Sumenep juga berpesan agar tetap produktif. “Dharma Bakti Saudara telah ditunggu oleh keluarga dan masyarakat serta Negara, jangan pernah berhenti belajar, berhenti berkarya karena kehidupan tak pernah berhenti memberi pelajaran". “Perguruan tinggi kehidupan itu sesungguhnya adalah tantangan yang harus Saudara sikapi dengan penuh kearifan. Perguruan tinggi kehidupan itulah yang akan menguji Saudara sejauh mana Saudara memiliki integritas, sejauh mana keilmuan Saudara bermanfaat, sejauh mana diri Saudara memberi nilai kepada masyarakat”. Pesanya.

Dalam Prosesi Wisuda kali ini Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Tarate Pandian Sumenep Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan pada Ahad, 27 Maret 2022, dihadiri oleh Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya Dr. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag. Dalam orasi ilmiahnya dengan Mewujudkan SDM Unggul, berkarakter dan berwawasan Nusantara” Beliau mengatakan bahwa kunci keberhasilan seseorang janganlah bermental buruk, yang kedua adalah “Berani Hidup Tak Takut Mati, Takut Mati Jangan Hidup, Takut Hidup Mati Saja”. Sebuah filsafat kehidupan yang begitu tepat dan mengena. Sebuah simbol dari kerasnya perjuangan di masa lalu yang senantiasa berhadapan dengan kematian. Sebuah “fatwa” yang memantik semangat para Wisudawan untuk senantiasa berjuang dan berusaha maksimal dalam menjalankan roda kehidupan. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Bapak Bupati Kabupaten Sumenep dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan Setda Sumenep Ir. Didik Wahyudi, M.Si  dalam sambutannya beliau mengajak semua generasi muda untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manunisa (SDM)-nya supaya menjadi penerus bangsa yang unggul, berkarakter, berkualitas, berintegritas dan memiliki daya saing yang tinggi seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat saai ini. Generasi muda merupakan salah satu kekuatan dan unjung tombak dalam membangun bangsa dan generasi muda juga yang akan melihat nasib masa depan suatu bangsa dengan berbagai perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas nama Bupati Kabupten Sumenep menyampaikan “Selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya S1 Prodi Hukium Keluarga Islam (HKI), Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Ekonomi Syariah (ES) di STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep dan ini bukan menjadi akhir untuk menjalani proses pendidikan, tetapi menjadi awal melanjutkan proses pendidikan selanjutnya kejenjang yang lebih tinggi di tengah-tengah masyarakat. Ucap Bapak  Ir. Didik Wahyudi, M.Si Asisten Pemerintahan Setda Sumenep (27/03/2022)/NH*.

Penulis : Nurul Huda (NH)

 

Informasi Kampus : 

STAI Miftahul Ulum Tarate Pandian Sumenep
Menuju Institut Terkemuka di Madura

Jalan Pesantren No 11
Tarate Pandian Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur - Indonesia
Telp : +62 878 - 7030 - 0328 / WA : +62 81 776 - 883 -730 / +62 823 - 3483 - 4806

Website : http://www.staimtarate.ac.id

E-mail 1 : official@staimtarate.ac.id 

E-mail 2 :  staimtarate.official@gmail.com

 

SOSIAL MEDIA

AGENDA KEGIATAN